Inna Dadina Coni Kusuma Putri Mengikuti Program SEA-TEACHER ke Thailand dan Filipina

Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta melepas 3 mahasiswa yang akan mengikuti Pertukaran Pelajar Program Sea-Teacher di ruang Rektorat, Kamis (3/8). UST Yogyakarta sendiri mengirim 3 mahasiswa untuk dikirimkan ke luar negeri yang terdiri dari 2 mahasiswa melakukan magang di Thailand dan 1 mahasiswa di Filipina. Ketiga mahasiswa tersebut adalah , Inna Dadina Coni Kusuma Putri (Program Studi Pendidikan Matematika), dan M. Sila Sakti (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris) ke Udonthani Rajabhat University (UDRU) Thailand serta Endah Sari Lelana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar) ke Ateneo De Naga University (ADNU) Filipina. Mereka akan mengikuti Program Sea-Teacher ini selama 1 bulan dari 7 Agustus sampai dengan 5 September 2017.

UST Yogyakarta melalui Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama mempersiapkan para peserta program SEA-Teacher dari beberapa waktu lalu. SEA-Teacher Project atau juga biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia, adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara lain di Asia Tenggara. Program SEA-Teacher Project ini diinisiasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 yang melibatkan negara di Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di negara-negara anggota. Terdapat sebelas negara anggota SEAMEO yang bekerja sama dalam program ini. Salah satu tujuan besarnya yakni bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan merevitalisasi pendidikan guru dan terus membangun dan memperkuat kapasitas guru di wilayah negara asal.

Dalam acara pelepasan ini di hadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kepala Program Studi Pendidikan, Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Kepala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama serta Kepala Bagian Keuangan. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. selaku Rektor UST langsung berpesan kepada ketiga mahasiswa yang akan mengikuti Pertukaran Pelajar Program Sea-Teacher. “Jaga nama baik UST selama kalian berada di luar negeri untuk mengikuti program ini, pergunakan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan pengalaman karena kesempatan ini sangatlah jarang bisa didapatkan oleh mahasiswa lainnya. Buat nama UST dan juga nama Program Studi kalian baik selama disana dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan karena itulah yang terpenting”, pesan beliau Rektor UST.

Tak lupa Rektor UST juga menyampaikan secara simbolis bantuan akomodasi kepada ketiga mahsiswa yang di wakili oleh Endah Sari Lelana. Bantuan ini berasal dari Universitas, Fakultas, Program Studi dan BHMK sehingga dapat dipergunakan oleh mahasiswa peserta Program Sea-Teacher selama berada di luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Nanang Bagus Subekti, S.Pd., M.Ed. selaku Ketua BHMK juga mengungkapkan bahwa pertukaran pelajar ini merupakan satu di antara banyak kegiatan untuk menyongsong UST menuju world class university.

sumber: http://bhmk.ustjogja.ac.id/2017/08/04/pelepasan-mahasiswa-ust-yang-akan-mengikuti-program-sea-teacher-ke-thailand-dan-philipina/

Inna Dadina Coni Kusuma Putri Mengikuti Program SEA-TEACHER ke Thailand dan Filipina

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *