Kepuasan Pengabdi terhadap Proses Pelaksanaan Pengabdian Tahun 2019/2020

Dalam  pelaksanaan  kegiatan  PkM,  perlu  dilakukan  survei  untuk  melihat  tingkat  kepuasan pengguna  dan  pengabdi.  Survei  dilaksanakan  menggunakan  instrumen  angket  yang  diisi  secara online  oleh  pengabdi  melalui  link  http://ustjogja.ac.id/pjm/c8/  dan  oleh  pengguna  melalui  link: http://ustjogja.ac.id/pjm/c82/.  Instrumen  ini  sudah  dilakukan  uji  validitas dengan  rhitung 0,853  sehingga  dikatakan  valid,  sedangkan  uji  reliabilitas  dengan  rhitung  0,960  sehingga  dikatakan reliabel. Hasil  pengukuran  menunjukkan  bahwa  kecenderungan  kepuasan  pengabdi  pada  aspek perencanaan,  pelaksanaan,  dan  pengelolaan  hasil  pengabdian  kepada  masyatakat  berada  pada tingkat  sangat  puas.  Melalui  evaluasi  yang  dilakukan  secara  berkelanjutan  diharapkan  dapat meningkatkan kualitas PkM Prodi P.Mat.

Hasil pengukuran kepuasan pengabdi terhadap proses pelaksanaan pengabdian untuk aspek perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan hasil penelitian yaitu sebagai berikut.

a.  Aspek perencanaan pengabdian Pada aspek perencanaan, kriteria sangat puas sebesar 45%, puas 53%, kurang puas 2%, dan tidak puas 0%. Berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa kecenderungan kepuasan pengabdi pada aspek perencanaan penelitian yaitu pada tingkat puas. Lebih jelasnya, diagram tingkat kepuasan pengabdi pada aspek perencanaan pengabdian dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

b.  Aspek pelaksanaan pengabdian

Pada aspek pelaksanaan, kriteria sangat puas sebesar 41%, puas 59%, kurang puas 0%, dan tidak puas 0%. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa kecenderungan kepuasan pengabdi pada aspek pelaksanaan pengabdi an yaitu pada tingkat puas. Lebih jelasnya, diagram tingkat kepuasan pengabdi pada aspek pelaksanaan pengabdian dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

c.  Aspek pengelolaan hasil pengabdian

Pada pengelolaan aspek hasil, kriteria sangat puas sebesar 26%, puas 72 %, kurang puas 2%,  dan  tidak  puas  0%.  Berdasarkan  hal  tersebut  diketahui  bahwa  kecenderungan  kepuasan pengabdi  pada  aspek  pengelolaan  hasil  pengabdian  yaitu  pada  tingkat  puas.  Lebih  jelasnya, diagram tingkat kepuasan pengabdi pada aspek pengelolaan  hasil pengabdian dapat dilihat pada dibawah ini:

Berdasarkan  hasil  dan  analisis  daat  diambil  kesimpulan,  yaitu:  (1)  kecenderungan kepuasan  pengabdi  pada  aspek  perencanaan  PkM  berada  pada  tingkat  puas,  (2) kecenderungan kepuasan pengabdi pada aspek pelaksanaan PkM berada pada tingkat puas, (3)  kecenderungan  kepuasan  pengabdi  pada  aspek  pengelolaan  hasil  PkM  berada  pada tingkat puas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *