Kepuasan Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kepegawaian, Mitra dan Pengguna Terhadap Layanan Manajemen

Berdasarkan hasil perhitungan persentase kepuasan mahasiswa, pada aspek akademik dan kemahasiswaan memiliki penilaian yang tergolong tinggi dengan persentase 89,25%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan, informasi, dan kebijakan yang diberikan pihak universitas dalam pelaksanaan pendidikan di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Pada aspek keuangan memiliki penilaian yang tergolong tinggi dengan persentase sebesar 88,75%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan layanan petugas keuangan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi untuk waktu pembayaran serta jumlah pembayaran. Pada aspek Prodi/Fakultas memiliki penilaian yang tergolong tinggi dengan persentase sebesar 90,33%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa selalu mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi perkuliahan, mengurus administrasi (transkip nilai, mendapatkan tanggapan atas ketidaksesuaian) dan kemudahan dalam mendapatkan layanan yang baik. Pada aspek penilaian dosen tergolong tinggi dengan persentase sebesar 88,13%. Hal ini menujukkan bahwa menurut penilaian mahasiswa, dosen pada masing-masing prodi dapat memberikan layanan yang baik dalam arti mampu untuk memberikan pembelajaran yang baik. Pada aspek penilaian perpustakaan tergolong tinggi dengan persentase sebesar 89,67%. Hal ini menunjukkan bahwa perpustakaan sudah mampu untuk memberikan pelayanan dan dapat menyediakan sumber belajar dan bahan ajar yang dibutuhkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas akademisnya. Pada aspek penilaian laboratorium tergolong tinggi dengan persentase sebesar 90,05%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa menilai kelengkapan peralatan laboratorium dinilai cukup dan dapat digunakan serta dapat difungsikan dengan baik sesuai kegunaannya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Pada aspek penilaian terakhir untuk sarana pendidikan, alat perkuliahan dan media pembelajaran mendapatkan hasil yang tinggi dengan persentase 88,38%. Hal ini menunjukkan bahwa menurut penilaian dari mahasiswa sarana pendidikan, alat perkuliahan dan media pembelajaran sudah baik karena sudah dapat menunjang kebutuhan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data tingkat kepuasan dari tendik dan mitra sebagai berikut.

Berdasarkan Gambar 4 menunjukkan bahwa penilaian dari mitra yaitu dosen dan tendik sudah tergolong sangat baik dengan perolehan persentase pada semua butir pernyataan lebih dari 88,40%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kerjasama pihak FKIP UST dan Prodi Pendidikan Matematika dapat menjamin kompetesi dalam memberikan pelayanan yang baik dan ketersediaan fasilitas umum sudah memenuhi sebagian besar kebutuhan mahasiswa dan karyawannya. Selain itu, dari hasil penilaian ini menunjukkan bahwa adanya keterbukaan terhadap mitra kerja yang dilihat dari ketersediaan sistem informasi di Prodi Pendidikan Matematika, keterlibatan mitra dan pengguna dalam pelaksanaan sosialisasi, serta hasil kegiatan yang didesiminasikan secara berkala. Secara lebih jelas dapat dideskripsikan pada pernyataan pertama tentang Kompetensi petugas dalam memberikan layanan (professional, komunikatif, dan responsif) menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 89,13%. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum pada setiap agenda kegiatan prodi selalu melibatkan mitra dan pengguna. Pada pernyataan kedua tentang Ketersediaan tempat parkir yang memadai, dinilai sudah sangat baik dengan persentase penilaian sebesar 86,45%. Hal ini menunjukkan bahwa selalu adanya komunikasi dan koordinasi antara Prodi Pendidikan Matematika dengan mitra dan pengguna. Pada pernyataan ketiga tentang Ketersediaan ruang pelayanan yang nyaman, dinilai sudah sangat baik dengan persentase penilain sebesar 87,79%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Pendidkan Matematika selalu memberikan pelayanan yang baik kepada mitra dan pengguna. Pada pernyataan keempat tentang Kemudahan dalam koordinasi dan penggunaan surat, dari hasil penilaian menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 88,09%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Matematika selalu koordinasi apabila ada kegiatan dengan mitra dan pengguna. Pada pernyataan kelima, Keramahan dan kesopanan pelayanan yang diberikan petugas sangat baik dengan persentase penilaian sebesar 85,21%. Hal ini menunjukkan bahwa petugas memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan  sudah sangat baik. Pada pernyataan keenam tentang Ketersediaan tempat untuk menyampaikan saran dan pendapat serta keluhan mitra dan pengguna, dari hasil penilaian diperoleh hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 90,18%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Matematika dapat terbuka dalam mendapatkan saran mitra dan pengguna. Pada pernyataan ketujuh tentang Keterlibatan mitra dan pengguna untuk memberi masukan terkait kegiatan pengembangan kampus menunjukkah hasil yang sangat baik dengan persentase penilaian sebesar 89,23%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Matematika melibatkan mitra dan pengguna dalam memperoleh masukan. Pada pernyataan kedelapan tentang Ketersediaan Sistem informasi yang tersedia di UST untuk komunikasi dan koordinasi dengan mitra dan pengguna, dari hasil penilaian menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 91,56%. Hal ini menunjukkan bahwa UST menyediakan sistem informasi untuk komunikasi dan koordinasi dengan mitra dan pengguna. Pada pernyataan kesembilan tentang Keterlibatan mitra dan pengguna dalam mensosialisasikan program kegiatan, dari hasil penilaian menunjukkan sudah sangat baik dengan persentase sebesar 86,74%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi selalu mensosialisasikan program kegiatan kepada mitra dan pengguna dengan sangat baik. Sedangkan pada pernyataan kesepuluh tentang Hasil kegiatan didesiminasikan secara berkala menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase penilaian sebesar 89,63%. Hal ini menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Matematika selalu mendesiminasikan hasil kegiatan secara berkala kepada mitra dan pengguna dengan sangat baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *