Workshop RPS dalam rangkaian kegiatan Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

posted in: Akademik, Berita, Gugus Mutu | 0

Demi tercapainya proses pembelajaran yang dapat memandu mahasiswa untuk belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan CPL lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar, Prodi Pendidikan Matematika UST menyelenggarakan Workshop RPS (Rencana Pembelajaran Semester). Workshop RPS ini merupakan serangkaian acara Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mendatangkan narasumber Dr. Yuli Prihatni, M.Pd. Kegiatan workhop RPS ini diselenggarakan pada Rabu, 24 Agustus 2022 dan dibuka oleh Ibu Istiqomah, S.Si., M.Sc. selaku Kaprodi Pendidikan Matematika.

RPS atau dalam istilah lain merupakan dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang telah ditetapkan, sehingga harus dapat dijalankan oleh mahasiswa pada setiap tahapan belajar pada mata kuliah terkait. Oleh karenanya, RPS wajib ditinjau dan disesuaikan secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran yang dirancang dalam RPS adalah pembelajaran yang inti pembelajarannya berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).

Bentuk pembelajaran dalam RPS dapat berupa: kuliah, responsi, tutorial, seminar atau yang setara, praktikum, praktik lapangan, penelitian / riset, membangun masyarakat / KKN tematik, pertukaran mahasiswa, magang / praktik kerja, asistensi mengajar, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi / proyek independen, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara. Adapun metode pembelajaran berupa: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *