Webinar: Pemanfaatan Publish or Perish (PoP) untuk Penulisan Karya Ilmiah

posted in: Akademik, Berita | 0

Pemaparan pemanfaatan PoP

Karya ilmiah merupakan produk yang wajib dilakukan setelah dilakukan penelitian. Mahasiswa memiliki kewajiban untuk mempublikasikan hasil tugas akhirnnya dalam suatu artikel ilmiah. Oleh karena itu, perlu memahami bagaimana cara menyusun artikel ilmiah yang baik. Dalam penulisan artikel ilmiah, diperlukan referensi yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Aplikasi Publish or Perish (PoP) merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dan atau menyaring metadata bibliografi karya ilmiah semua bidang ilmu secara gratis. Melalui PoP kita dapat mengakses koleksi dari database: CrossRef; Google Scholar; Pubmed; Open Alex; Scopus; Semantic Scholar; Web of Science. Kemudahan ini memungkinkan mahasiswa untuk lebih cepat dan teliti dalam menyusun artikel ilmiah.

Hal ini dimanfaatkan oleh prodi Pendidikan Matematika FKIP UST untuk menyelenggarakan Webinar: Pemanfaatan Publish or Perish (PoP) untuk Penulisan Karya Ilmiah yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022. Adapun pembicara kegiatan ini adalah Ibu Nia Kania, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen pendidikan matematika Universitas Majalengka, dan saat ini sedang menempuh studi S3 di Universitas Pendidikan Indonesia. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan PoP dalam penulisan karya ilmiah baik berupa tugas akhir maupun artikel ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *