Kuliah Tamu: Menumbuhkembangkan Semangat Wirausaha

posted in: Akademik, Berita | 0
Foto Bersama Pembicara

Berwirausaha bagi mahasiswa merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan ide kreatif dan kualitas hidup. Melalui kegiatan wirausaha, mahasiswa dapat memeroleh pengalaman yang sangat banyak, khususnya dalam meraih kepercayaan konsumen untuk setia membeli atau menggunakan barang yang diberikan. Selain itu, perkembangan industri mengharuskan mahasiswa untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi dunia usaha.

Sebagai upaya untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berwirausaha, prodi Pendidikan Matematika FKIP UST menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Menumbuhkembangkan Semangat Wirausaha. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2022 dengan pembicara Ibu Noka Setya Maharani, S.Pd.Gr. yang merupakan pengembang Rafandha Hijab hingga sekarang. Dalam kegiatan ini, diberikan materi tentang bagaimana menumbuhkembangkan semangat berwirausaha sejak kuliah. Modal utama yang diperlukan dalam memulai sebuah usaha adalah (1) Mindset yang kuat untuk bertumbuh dan berkembang, (2) Mau belajar, (3) Sabar, tekun, dan ulet. Mindset yang harus dibangun dalam memulai berwirausaha adalah memiliki visi misi yang jelas, menerapkan prinsip helping people, rejeki sudah ada takarannya dan tidak akan tertukar, dan mengoptimalkan kelebihan-mensiasati kekurangan. Dalam menjalankan bisnis perlu diingat bahwa tujuan berwirausaha adalah untuk beribadah, memiliki kebebasan waktu dan finansial, kesempatan untuk aktualisasi diri, dan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya pada orang lain. Mengembangkan bisnis juga membutuhkan suatu gebrakan-gebrakan, seperti
yang dilakukan pada bisnis Rafandha Kids Corner yaitu menyisihkan seribu per pc untuk membantu orang yang membutuhkan, membuka Rafandha Foundation, dan mengembangkan website.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa lebih semangat dalam berwirausaha dan dapat mengembangkan rencana bisnis yang baik dan direalisasikan dalam kehidupan. Sehingga kualitas hidup juga akan meningkat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *