Seminar

Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia

Adanya pengaruh modernisasi dalam iklim globalisasi berdampak pada mengikisnya nilai luhur budaya bangsa. Akibatnya bangsa Indonesia saat ini mengalami krisis jati diri bangsa, menjadi bangsa yang mudah terpengaruh, dan mudah dicerai berai. Penyebabnya dikarenakan kurangnya pemahaman dan penerapan terhadap pentingnya nilai budaya dalam masyarakat. Pendidikan dan budaya merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, karena budaya merupakan kesatuan yang utuh dan menyeluruh, berlaku dalam suatu masyarakat dan pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap inidividu dalam masyarakat.
Pendidikan dan budaya merupakan pondasi bagi bangsa yang bermartabat. Aspek pendidikan dan kebudayaan juga merupakan aspek penting dalam membangun karakter bangsa. Karakter bangsa tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan harus dilatih, dan dikelola secara bertahap. Pembentukan karakter bangsa merupakan tanggung jawab  seluruh komponen bangsa untuk berkomitmen membentuk, membangun dan mempertahankannya.
Menyadari peranannya yang penting, pendidikan matematika perlu mengantisipasi tantangan masa depan yang semakin rumit dan kompleks melalui pembelajaran berbasis budaya.

Pembelajaran berbasis budaya merupakan pembelajaran kontekstual yang terkait dengan komunitas budaya sehingga menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Pembelajaran berbasis budaya akan membawa dan melestarikan  budaya lokal yang selama ini tidak selalu mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, termasuk pada proses pembelajaran di sekolah.
Salah satu pembelajaran yang dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya matematika adalah etnomatematika. Etnomatematika (ethnomathematics) merupakan salah satu wujud pembelajaran berbasis budaya dalam konteks matematika. Etnomatematika diperkenalkan oleh D’Ambrosio (2006) yang menyatakan bahwa etnomatematika dianalogikan sebagai lensa untuk memandang dan memahami matematika sebagai suatu hasil budaya atau produk budaya.
Mengingat pentingnya etnomatematika terhadap pembentukan karakter budaya luhur, maka diperlukan forum ilmiah guna  menuangkan gagasan pikiran dalam bentuk seminar nasional dengan tema “Etnomatematika : Perspektif Matematika dari  Budaya Indonesia”

poster
leaflet2
leaflet 1

 

Selengkapnya, klik http://seminar.pmat.ustjogja.ac.id/