Visi Keilmuan

Unggul dalam mengembangkan pembelajaran matematika berbasis budaya dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai ajaran Tamansiswa pada tahun 2025.

FKIP berusaha mewujudkan keunggulan yang dicita-citakan UST melalui seluruh program dan kegiatan yang dikelolanya. Sebagai LPTK, FKIP berusaha mewujudkan visi-misi-nya untuk memenuhi berbagai kebutuhan stakeholder ekternal dengan menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki ciri khas Ajaran Tamansiswa pada berbagai bidang melalui beberapa prodi yang dikelolanya. Dengan bekal Ajaran Tamansiswa maka para alumni FKIP UST akan memiliki keunggulan sebagai calon guru profesional yang berjiwa merdeka, berbudaya luhur, berperilaku mulia, tulus mengabdi kepada bangsa, berkemanusiaan, serta kompeten dalam bidangnya sesuai Ajaran Tamansiswa.

Spesifikasi unggul dalam visi Prodi P.Mat berorientasi pada empat bidang yaitu: 1) bidang pendidikan: mengintegrasikan budaya dalam pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi yang sesuai dengan Ajaran Tamansiswa, 2) bidang penelitian: mengembangkan penelitian yang mengintegrasikan Ajaran Tamansiswa berbasis model pembelajaran dan eksplorasi etnomatematika dalam kehidupan bermasyarakat, 3) bidang PkM: melaksanakan PkM berdasar hasil kajian dan penelitian dengan mengintegrasikan budaya sesuai Ajaran Tamansiswa, 4) bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional: mengkaji, melestarikan, dan mengembangkan budaya nasional.
Visi FKIP dan Prodi P.Mat diturunkan menjadi misi, tujuan, sasaran, dan strategi FKIP dan Prodi P.Mat yang diarahkan untuk pelaksanaan Caturdharma yang meliputi pendidikan, penelitian, PkM, serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.


Tujuan

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika yaitu :

  1. Menghasilkan pendidik mata pelajaran matematika yang memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi Matematika, serta mampu mengelola pembelajaran matematika berbasis budaya secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang, dan menyenangkan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang sesuai dengan ajaran Tamansiswa
  2. Menghasilkan edupreneur yang memiliki keahlian di bidang matematika yang tanggap teknologi, berwawasan lingkungan dan berjiwa wirausaha dengan menerapkan ajaran Tamansiswa
  3. Menghasilkan asisten peneliti bidang pendidikan dan pembelajaran matematika yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah serta menginternalisasi ajaran Tamansiswa

Strategi

Untuk mencapai Visi dan Tujuan Prodi Pendidikan Matematika memiliki strategi:

Strategi jangka pendekStrategi jangka panjang
Melakukan workshop penyusunan kurikulum berbasis OBE

Melakukan workshop rekonstruksi kurikulum OBE dalam implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Melakukan sosialisasi program MBKM dan implementasinya

Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan PkM dosen

Membimbing mahasiswa dalam mengikuti berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional akademik maupun non akademik terkait bahan ajar, media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kewirausahaan, karya tulis ilmiah, esay dan artikel ilmiah.

Melakukan seminar nasional COMSED 2022 dan mewajibkan mahasiswa maupun dosen untuk menjadi presenter dalam seminar tersebut
Melakukan perbaikan proses pembelajaran luring maupun daring secara berkelanjutan dengan berpedoman pada kurikulum MBKM

Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka menyebarluaskan hasil-hasil penelitian sebagai bentuk hilirisasi hasil penelitian

Melakukan penelitian kolaborasi dengan dosen di luar perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menghasilkan luaran dalam bentuk HKI maupun artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks atau bereputasi.