Visi

Menyiapkan pendidik matematika yang unggul dalam memanfaatkan teknologi informasi berbasis budaya sesuai Ajaran Tamansiswa pada tahun 2029.

(SK Dekan nomor: 011/UST/FKIP/Dekan/VIII/2014)

FKIP berusaha mewujudkan keunggulan yang dicita-citakan UST melalui seluruh program dan kegiatan yang dikelolanya. Sebagai LPTK, FKIP berusaha mewujudkan visi-misi-nya untuk memenuhi berbagai kebutuhan stakeholder ekternal dengan menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki ciri khas Ajaran Tamansiswa pada berbagai bidang melalui beberapa prodi yang dikelolanya. Dengan bekal Ajaran Tamansiswa maka para alumni FKIP UST akan memiliki keunggulan sebagai calon guru profesional yang berjiwa merdeka, berbudaya luhur, berperilaku mulia, tulus mengabdi kepada bangsa, berkemanusiaan, serta kompeten dalam bidangnya sesuai Ajaran Tamansiswa.

Spesifikasi unggul dalam visi Prodi P.Mat berorientasi pada empat bidang yaitu: 1) bidang pendidikan: mengintegrasikan budaya dalam pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi yang sesuai dengan Ajaran Tamansiswa, 2) bidang penelitian: mengembangkan penelitian yang mengintegrasikan Ajaran Tamansiswa berbasis model pembelajaran dan eksplorasi etnomatematika dalam kehidupan bermasyarakat, 3) bidang PkM: melaksanakan PkM berdasar hasil kajian dan penelitian dengan mengintegrasikan budaya sesuai Ajaran Tamansiswa, 4) bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional: mengkaji, melestarikan, dan mengembangkan budaya nasional.
Visi FKIP dan Prodi P.Mat diturunkan menjadi misi, tujuan, sasaran, dan strategi FKIP dan Prodi P.Mat yang diarahkan untuk pelaksanaan Caturdharma yang meliputi pendidikan, penelitian, PkM, serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.


Misi

Misi Prodi Pendidikan Matematika yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan menerapkan media pembelajaran matematika yang inovatif dan berbasis budaya dengan Sistem Among
  2. Menyelenggarakan penelitian yang selaras dengan budaya dan perkembangan teknologi serta mempublikasikannya
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran dan bermanfaat secara berkelanjutan serta terintegrasi dalam pembelajaran
  4. Menyelenggarakan pelestarian dan pengembangan kebudayaan
  5. Menyelenggarakan kerja sama dengan instansi lain dalam negeri dan luar negeri yang memberikan manfaat bagi program studi.

Tujuan

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika yaitu:

  1. Mengembangkan potensi pendidik matematika dalam menerapkan media pembelajaran yang inovatif dan berbasis budaya
  2. Mengembangkan penelitian yang selaras dengan budaya dan perkembangan teknologi serta mempublikasikannya
  3. Memberikan manfaat yang berkelanjutan melalui pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran
  4. Melestarikan dan mengembangan kebudayaan
  5. Mewujudkan kerja sama dengan instansi lain di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dalam negeri dan luar negeri yang memberikan manfaat bagi program studi.